Program kerja Minuman Cabe Jamu Madura (MINCE MUDA) merupakan salah satu program kerja utama. yang dilaksanakan pada tanggal 30 dan 31 juli, serta tanggal 02,05,09 agustus 2017 dengan tujuan untuk memberikan informasi kepada warga tentang khasiat cabe jamu dan cara pengolahannya menjadi minuman kemasan sachet. Hal ini dilakukan mengingat komoditi cabe jamu yang banyak akan tetapi harga jualnya rendah.


Desa Essang yang secara administrative masuk kecamatan Talango mempunyai beberapa tanaman yang masuk dalam komoditi lokal desa yakni cabe jamu, pisang, sukun, dan singkong. Akan tetapi, cabe jamu merupakan jenis tanaman yang paling mudah dijumpai disepanjang poros jalan dusun-dusun Essang dan sekitaran rumah warga. Minuman Cabe Jamu Madura merupakan minuman atau jamuin stan siap minum yang sudah di proses dengan bahan cabe jamu madura.

Alasan lainnya yakni untuk memberikan paradigm lain kemasyarakat desa Essang dalam hal matapencaharian, bahwa sanya wilayah sendiri juga berpotensi tinggi dalam bidang perkebunan. Dan bisa menghasilkan produk-produk yang bernilai ekonomi tinggi. Karena pada saat ini paradigm masyarakat masih di dominasi mencari pekerjaan di Jakarta.


Next
This is the most recent post.
Previous
Posting Lama

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.